Objek Wisata

Desa Batu Dulang


Admin   06 Agustus 2017    197   beri rating

Pulau Sumbawa merupakan salah satu pulau penghasil madu  terbaik  di  Indonesia, madu Sumbawa adalah madu yang dihasilkan dari hutan alam Sumbawa dari lebah jenis Apis Dorsata yaitu jenis lebah  raksasa yang  tidak dibudidayakan melainkan berkembang biak secara liar di hutan alam sumbawa. Madu Sumbawa memiliki warna dan cita rasa yang bervariasi tergantung kondisi hutan sekitarnya karena lebah madu menghasilkan madu dari bunga pepohonan hutan (nektar).

Tingkat kekentalan madu dipengaruhi oleh kadar air madu sedangkan kadar air dipengaruhi oleh musim, proses pemanenan dan penyimpanan. Pemanenan yang dilakukan pada musim hujan biasanya memiliki kadar air yang tinggi dan sebaliknya pemanenan pada musim panas memiliki kadar air yang lebih rendah. Kadar air dipengaruhi proses pemanenan dan penyimpanan karena madu memiliki sifat “Higroskopis” yaitu madu mampu menarik atau mengikat air dari udara.

]Batu Dulang yang secara administratif terletak di Kecamatan Batu Lanteh merupakan salah satu desa sentra penghasil madu Sumbawa. Berada  pada  ketinggian 640 mdpl , dikelilingi oleh pegunungan dengan kondisi hutan hujan tropis yang masih lestari menjadi anugerah tersendiri bagi masyarakat desa ini. Masyarakat memelihara, menjaga kelestarian alam dan memanen hasil hutan seperti kopi, kemiri dan madu.

Petani madu Desa Batu Dulang merupakan petani binaan Jaringan Madu Hutan Sumbawa ( JMHS). Mereka sudah memiliki kelembagaan yang baik dengan menerapkan panen sistem sunat yaitu memanen hanya pada bagian madu tidak keseluruhan sarang. Dengan cara seperti ini telur dan anak lebah tidak mati, lebah tetap hidup dan berkembang biak dan tetap lestari.

Daya tarik wisata yang dapat ditawarkan oleh Desa Batu Dulang antara lain wisata alam pegunungan dan ekowisata madu alam dan kopi luwak. Aktivitas wisata yang dapat dilakukan antara lain pengambilan madu alam, penelusuran  hutan, memanen kopi, workshop pengolahan madu dan kopi.

Objek Wisata Lain yang ada di Batu Lanteh