Objek Wisata

Semongkat


Admin   06 Agustus 2017    176   beri rating

Semongkat, daya tarik wisata alam yang  indah  dan  sejuk, dilengkapi  dengen kolam pemandian dan beberapa baruga menjadikannya sebagai  tempat rekreasi favorit masyarakat Sumbawa. Berjarak sekitar 17 km dari Kota Sumbawa Besar, berada pada ketinggian 450 mdpl dengan hutan tropis yang masih terjaga dan pemandangan alam yang indah membuat perjalanan kesana terasa sangat menyenangkan. Suasana sejuk dan segar sudah mulai terasa setelah melewati desa Kelungkung, sepanjang jalan dipenuhi pohon-pohon besar dan pemandangan lembah yang sangat indah. Dengan kondisi jalan yang sudah diaspal hotmix sehingga mudah dicapai dengan segala jenis kendaraan.

Kawasan ini berstatus sebagai Taman Wisata Alam Semongkat yang ditetapkan pada tahun 1999 dengan luas 100 Ha . TWA Semongkat memiliki ketinggian 1730 m dpl dengan topografi yang terus meninggi sampai puncak dan memiliki kelerengan 10 – 30 %. Pada musim hujan rata-rata curah hujan 2358 mm per tahun dengan rata-rata hari hujan 1134 hari per tahun.

Hutan Semongkat didominasi oleh pohon-pohon jenis lokal seperti ketimus, tempoak, rapat bewe, serta kukin. Sedangkan potensi satwa yang ada antara lain cerucuk, srigunting, elang bondol, monyet ekor panjang, babi hutan dan ayam hutan.

Taman Wisata Alam Semongkat merupakan hutan alam ditengah kering Sumbawa Besar. Potensi pohonnya yang masih rapat, benyak berdiameter besar dan perakaran yang baik berfungsi menahan air menjadikan hutan ini kantung air bagi masyarakat sekitar dan masyarakat hilir Kabupaten Sumbawa.

Hutan semongkat telah dimanfaatkan masyarakat sekitar sebagai tempat pengambilan 40 jenis bahan baku pembuatan minyak sumbawa dan produksi madu alam.

Kegiatan wisata yang dapat dilakukan oleh wisatawan cukup bervariasi antara lain mandi kolam, trekking menyusuri kali kecil berair jernih dan segar, dan mengamati cara pengambilan madu alam secara langsung sampai pada proses pengemasannya.

Objek Wisata Lain yang ada di Batu Lanteh