Objek Wisata

Istana Bala Kuning


Admin   06 Agustus 2017    75   beri rating

Di Kabupaten Sumbawa saat ini masih berdiri dengan megah tiga bangunan istana bersejarah peninggalan Kesultanan Sumbawa, salah satunya adalah Istana Bala Kuning. Istana yang didominasi warna kuning ini terletak di Jalan Dr. Wahidin Sumbawa Besar, lokasi yang berhadapan dengan Lapangan Pahlawan (alun-alun kota) hanya beberapa meter saja dari dua istana lainnya yaitu Istana Bala Puti dan Istana Dalam Loka.

Bala Kuning dibangun pada tahun 1941-1942 dan digunakan sebagai rumah dinas bagi pejaba-pejabat pemerintahan pusat yang ditempatkan di Sumbawa sampai dengan tahun 1950. Istana Bala Kuning ditempati secara resmi oleh Dewa Masmawa Sultan Muhammad Kaharuddin III dan keluarganya sekembali beliau dari Makassar. Pada tahun 1950 Sultan membangun bagian depan Istana Bala Kuning berbentuk bangunan setengah lingkaran untuk mengenang rumah jabatan beliau semasa menjadi Ketua Parlemen Negara Indonesia Timur (NIT) di Makassar.

Selain sebagai rumah tinggal, Istana Bala Kuning merupakan tempat penyimpanan benda-benda pusaka Kesultanan Sumbawa berupa “parewa kamutar” (lambang kebesaran kesultanan), “parewa tokal adat ode” (piranti upacara kesultanan), pakaian kebesaran, aneka keris dan senjata pusaka, berbagai jenis keramik kuno, peralatan makan minum, foto-foto sejarah, Al-Qur’an tulisan tangan Muhammad Ibnu Abdullah Al Jawi yang dibuat sekitar tahun 1784 dan benda pusaka lainnya.

Sejak Penobatan Putra Mahkota Muhammad Abdurrahman Daeng Raja Dewa sebagai Dewa Masmawa dengan gelar Sultan Muhammad Kaharuddin IV tanggal 5 April 2011 lalu menjadikan Istana Bala Kuning semakin ramai dikunjungi baik oleh tamu pemerintah, para peneliti, maupun wisatawan asing dan domestik.

Objek Wisata Lain yang ada di Sumbawa