Objek Wisata

Pulau Bedil Putar Video


Admin   27 Agustus 2017    114   beri rating

Pulau Keramat, Bedil dan Timudung termasuk dalam wilayah Kecamatan Utan sekitar 58 km ke arah barat dari Kota Sumbawa Besar. Gugusan Pulau-pulau kecil di samping Pulau Panjang ini dapat dicapai dengan menggunakan boat atau perahu ketinting dari Labu Pade Desa Pukat atau dari Desa Bajo. Di Pantai Labu Pade yang juga merupakan tempat rekreasi yang cukup terkenal, pengunjung dapat menyewa boat dengan biaya sekitar Rp.300.000 pp tergantung negosiasi, lama dan tujuan kunjungan. Dari sini penyeberangan ke Pulau Keramat ditempuh sekitar 25 menit, ke Bedil sekitar 40 menit, sedangkan Keramat-Bedil  sekitar  15 menit,Keramat-Timudung 10 menit.

Ketiga pulau eksotik ini masih sangat alami. Pulau Keramat dihiasi dengan pasir putih yang indah adalah sebuah pulau yang tak berpenghuni. Pulau ini sering dikunjungi oleh masyarakat daratan untuk berziarah di sebuah situs makam tua yang dikeramatkan.

Pulau Bedil adalah pulau mungil yang mempesona, terletak pada titik  08º23'23"  LS  dan 117º04'26" BT. Memiliki topografi dengan relief datar dikelilingi pantai pasir putih dan ditumbuhi pohon-pohon kelapa, pohon asam tua, kembang sepatu, almond tropis dan satu pohon sentigi yang menjadi penghias pulau.

Hanya beberapa ratus meter dari Keramat terhampar Pulau Timudung yang dihubungkan dengan sebuah bentangan pasir dimana pada saat air surut pengunjung dapat berjalan dari satu pulau ke pulau yang lainnya. Bentangan pasir ini juga tempat yang populer untuk jenis flamingo dan ribuan bulu babi yang hidup di air dangkalnya.

Dengan pelangi kehidupan laut, burung, tanaman dan hutan bakau yang relatif tak tersentuh, ketiga pulau ini bagaikan surga dalam kehidupan nyata tidak hanya bagi wisatawan tetapi juga hewan.

Objek Wisata Lain yang ada di Utan