Objek Wisata

Ai Beling


Admin   27 Agustus 2017    171   beri rating

Kabupaten Sumbawa dikarunia dengan begitu banyak air terjun dengan ahannya masing-masing, salah satunya adalah air terjun Ai Beling di Desa Sempe Kecamata Moyo Hulu.

Ai Bel ing secara harfiah berarti air yang berbicara/ berbunyi, dinamakan demikian karena suara gemuruh jatuhan air yang menghempas bebatuan di dasar sungai dapat terdengar hingga radius 5 km. Pendapat lain mengatakan bahwa nama tersebut mengacu pada sebuah kejadian beberapa masa silam. Di kisahkan secara turun temurun oleh masyarakat sekitar bahwa dulu ada seorang gadis yang meratapi nasibnya hingga bunuh diri di air terjun ini karena menolak dijodohkan oleh orang tuanya dengan lelaki yang tidak dicintainya. Menurut orang- orang yang biasa berburu atau mencari madu di sekitar lokasi air terjun, sering kali terdengar suara tangisan seorang perempuan, tangisan misterius itu kemudian dipercaya sebagai tangisan dari gadis yang bunuh diri tersebut.

Terlepas dari cerita tersebut, air terjun Ai Beling memang memi lki suara yang indah diselingi kicau burung-burung dan hembusan angin pegunungan bagaikan simponi orkestra alam yang takan di jumpai dalam gedung opera manapun.

Air terjun ini terletak di aliran sungai yang mengalir dari pegunungan bagian selatan yang masih ditutupi hutan lebat sehingga wajar saja kalau airnya begitu jernih, segar, dan tak pernah kering sepanjang tahun. Bentuknya juga cukup eksotik, berupa teras bertingkat-tingkat dengan ketinggian lebih dari 50 m dan dikelilingi hutan hujan tropis yang masih sangat lebat menjadikan lokasi ini begitu indah dan nyaman sebagai tempat wisata.

Untuk mencapai lokasi air terjun ini dapat menggunakan kendaraan roda 4 dan sepeda motor, hanya saja jalan yang dilalui selepas dari desa Sempe kurang baik. Sehingga dengan jarak sekitar 36 km dari Kota Sumbawa Besar memerlukan waktu tempuh sekitar 45 menit.

Objek Wisata Lain yang ada di Moyo Hulu